Kecepatan dan Jarak Henti Bila pengendara sepeda motor ingin menghentikan kendaraannya, pengendara menarik atau menginjak pedal rem. Tapi kendaraan pastinya tidak akan langsung berhenti namun butuh jarak lebih jauh dari titik pengendara tadi mengerem. Jarak ini disebut jarak berhenti. Jarak berhenti artinya jarak yang dibutuhkan kendaraan untuk berhenti total. (Rumus: Empty distance + Braking distance). Empty Distance Empty Distance adalah jarak saat dimana pengendara menyadari harus mengerem. Kalau diumpamakan sebagai waktu, maka empty distance berkisaran 1 detik. Braking Distance Braking Distance adalah jarak yang dibutuhkan kendaraan untuk berhenti total mulai dari pengendara mengoperasikan rem. Bila kecepatan kendaraan semakin cepat, braking distance akan semakin panjang. Berarti waktu yang dibutuhkan kendaraan untuk berhenti akan semakin lama. Selain itu braking distance juga tergantung pada kondisi permukaan jalan. Oleh karena itu pada kondisi jalan licin atau berpasirm pengendara diharap mengurangi kecepatan dan lebih berhati-hati. Jarak Berhenti Jaga jarak kendaraan anda dengan kendaraan di depan
Drum Brake Berada pada bagian roda depan atau belakang. Di dalamnya terdapat brake shoe yang akan menekan dinding drum brake bila pengendara menarik tuas rem. Tekanan pada dinding menghasilkan gaya gesek sehingga kecepatan sepeda motor berkurang. Disc Brake Pada umumnya digunakan di bagian roda depan. Di dalam struktur disc brake terdapat disc pad. Disc pad mendapat tekanan dari caliper yang terdorong karena tekanan minyak rem. Akibat tekanan ini, disc pad bergesekan denga piringan rem. Jenis Rem Sepeda Motor Disc brake terdiri dari - Master cylinder di setang - Caliper di front fork - Disc di wheel Komponen berputar bersama velg. Di dalamnya terdapat brake shoe. Semakin tinggi kecepatan, semakin besar daya tubruk yang akan diterima. Ilustrasi di bawah bisa dijadikan patokan untuk memahami hubungan kecepatan dan daya tubruk. Ilustrasi: Tabel di bawah menggambarkan daya tubruk pada kecepatan: - 60 km/jam = jatuh dari gedung lantai 5 - 70 km/jam = jatuh dari gedung lantai 7 - 90 km/jam = jatuh dari gedung lantai 10 |
Saturday, October 30, 2010
Panduan Aman Berkendara Sepeda Motor Suzuki
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blog Archive
-
▼
2010
(1788)
-
▼
October
(123)
- The Masked Cyclist: a Halloween Tale
- Perawatan Busi
- Perawatan Busi
- Perawatan Rantai sepeda motor suzuki
- Perawatan Rantai sepeda motor suzuki
- Ganti Motor Starter SMASH
- Ganti Motor Starter SMASH
- Tips Penggantian Oli Mesin Suzuki New Shogun 125, ...
- Tips Penggantian Oli Mesin Suzuki New Shogun 125, ...
- Panduan Aman Berkendara Sepeda Motor Suzuki
- Panduan Aman Berkendara Sepeda Motor Suzuki
- 2011 BMW 550i Review
- Happy Feet
- Servis Karburator
- New Smash 110 VS Smash Titan 115
- New Smash 110 VS Smash Titan 115
- Rantai Keteng Shogun 125
- Rantai Keteng Shogun 125
- Piston Smash di Spin 125
- Piston Smash di Spin 125
- Suzuki Spin 125
- Suzuki Spin 125
- Karburator Vakum
- Karburator Vakum
- accu
- accu
- Motorcycle Pictures of the Week - Bikes Only
- Dodge today introduced the new Dodge Avenger 2011,...
- 2011 Porsche Cayenne S Hybrid in Dealer Showrooms ...
- Early Model 25 engine?
- Lovely Bicycles on a Budget: Vintage vs Modern
- Motorcycle Helmet Photo Collection
- Ducati DIAVEL
- New bikes from Kawasaki
- Dodge Charger Prototype : first drive
- Southtowne Hyundai of Newnan releases the all new ...
- A Raven Flies Through the City: The Bella Ciao Cor...
- Spin 125 Ganti Paha Ayam Mio
- Spin 125 Ganti Paha Ayam Mio
- Suzuki Spin 125 Pakem Pakai Kampas RX-King
- Suzuki Spin 125 Pakem Pakai Kampas RX-King
- Tips & Trik Suzuki Spin 125
- Tips & Trik Suzuki Spin 125
- Perawatan Fungsi Rem Belakang Suzuki Spin 125
- Perawatan Fungsi Rem Belakang Suzuki Spin 125
- over houle over houle suzuki smas...
- over houle over houle suzuki smas...
- Dodge Charger Prototype : first drive
- MODIFIKASI Suzuki Spin 125 2009 | X-Treem Harian
- MODIFIKASI Suzuki Spin 125 2009 | X-Treem Harian
- Suzuki Spin 125 Pasang Lampu Senja
- Suzuki Spin 125 Pasang Lampu Senja
- SUZUKI NEWS
- Kawasaki Recalls 2009-2010 Vulcan for ECU Problem
- Van der Knoop's CS1 Norton
- The new RCZ
- Cadillac XLR Platinum Edition
- A Closer Look at Italian City Bicycles
- Marcel's 1934 M30 Norton
- The Bicycle, and on Building (and Protecting) Your...
- Racing 1930 CS1 Nortons in Yorkshire
- Making a Bicycle Your Own
- Motorcycle Pictures of the Week - ival
- Children's Bicycles, Then and Now
- Taking It Personally or Taking It in Stride?
- Honda Fit Hybrid
- Ravindra's 1928 Model 2 Norton
- Mirek's 1929 Model CS1 Norton
- The One and Only 'Constance'! a Mixte by Royal H. ...
- BMW Recalls 2004-2010 K1200 and K1300 Motorcycles ...
- America's Vintage Bike Capital?
- BMW Recalls 2007-2010 F650GS Motorcycles for Brake...
- Functionality, Comfort, Aesthetics
- Ducati previews 2011 range
- Yamaha launches the EC-03 electic bike
- Max's 1934 Model ES2 Norton
- All It Takes is Motorcycle Maintenance
- Tall Boots, Zippers, and Mixte Stays
- Bennetts Ultimate Track Day with James Toseland 2010
- Yamaha Conceptual Super Ténéré Worldcrosser
- Autumnal Updates
- A Ride Gone Bad Part 3
- Submit Your YouTube Motorcycle Video Links
- Marcel's 1930 TT spec CS1 Norton
- Motorcycle Pictures of the Week - Mick
- DBC Swift Test Ride
- Michael's 1929 Model CJ Norton
- Do Women Want Custom Bicycles?
- Ride Cadwell Park with James Toseland.
- Leather VMAX!
- Cream Tires Directory
- Luggage racks
- James Toseland interview
- New Honda Motorcycle Colours for 2011
- The Mystique of 'Ride Quality'
- KTM INTERMOT Cologne update
- Mark's 1923 Model 16H Norton
- A Ride Gone Bad Part 2
- The Bostonians: A Meeting of Cousins
- 1930 Model 20 Norton - Sold
-
▼
October
(123)
0 comments:
Post a Comment